Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Disini

 

Pengobatan Otitis Media Akut Pada Anak

otitis media akut pada orang dewasa, otitis media akut pdf, pencegahan otitis media, obat radang telinga dalam, makalah otitis media, otitis media kronik, cara mencegah otitis media, otitis media pada anak

Otitis media merupakan salah satu keluhan yang bisa saja terjadi bagi semua kalangan usia dan semua jenis kelamin dari mulai jenis kelamin laki-laki hingga jenis kelamin perempuan. Otitis media salah satu jenis infeksi yang hanya muncul pada bagian ruang belakang gendang telinga yang memiliki beberapa bagian tulang belakang yang sangat kecil dengan tata letak berada di bagian telinga tengah. Penyakit otitis media yang terjadi pada semua kalangan usia bahkan yang lebih rentan terserang jenis penyakit ini adalah kalangan anak-anak usia balita.

Di bawah ini merupakan hal-hal yang sering terjadi atau tanda khas ketika anak-anak terjangkit penyakit otitis media diantaranya sebagai berikut :

■ Kebanyakan kerap kali anak memegang daun telinganya saat terjadi infeksi di dalam telinganya atau menangis saat terjadi infeksi.

■ Balita yang mengalami infeksi telinga akan merasa demam cukup tinggi.

■ Balita dan anak-anak yang terinfeksi akan tidak selera dalam makan makanan yang di buat oleh ibunya atau pun makanan yang di beli langsung.

■ Tidak ada reaksi walau pun terjadi suara cukup keras dentuman dan nyaring nyanyian dari sekelilingnya.

■ Umumnya kalangan anak-anak yang mengalami otitis media alias infeksi telinga tengah lebih sukar istirahat di malam hari dirinya hanya bisa memejamkan mata dalam waktu cukup lama sehingga anak akan menangis menjadi-jadi tidak mau berhenti.

Penyakit otitis media akut sebenarnya merupakan jenis penyakit infeksi yang di bagi menjadi dua kategori penyakit diantaranya otitis media akut dan otitis media kronis. Namun secara umum otitis media akut yang selama ini menjadi rentan penyakit terhadap anak-anak yang memiliki sistem daya tahan tubuhnya sangat lemah dan dalam masa pertumbuhan.

Berlainan dengan gejala otitis media yang sering terjadi pada kalangan remaja mau pun orang dewasa dimana gejala yang dirasakan cukup parah dengan adanya rasa sakit pada area telinga bagian dalam bahkan bisa menjadi kehilangan pendengaran untuk kurun waktu tertentu selama belum ada pengobatan yang dilakukan.

Saran yang harus dilakukan adalah segera mungkin untuk dapat menemui dan bekonsultasi langsung ke dokter THT. Menurut dasarnya untuk jenis otitis media akut selama belum muncul gejala keluhan kesehatan tingkat parah maka kondisi ini akan berangsur-angsur membaik dengan sendirinya. Otitis media akut merupakan infeksi akibat adanya peradangan di area bagian tengah di dalam telinga terutama gendang telinga bagian belakang dan adanya cairan nanah di bagian tengah dalam telinga.

Pengobatan Otitis Media Akut Pada Anak

Pada beberapa kasus besar maka otitis media akut itu didasarkan atas jenis gejala yang terjadi dan akan pulih dengan sendirinya tergantung ringannya gejala yang dirasakan. Namun, dalam hal ini sering kali gejala otitis media akut selalu menimbulkan keluhan kesehatan tingkat patal dengan adanya berbagai gejala lain seperti halnya :

■ Merasakan adanya rasa sakit dan nyeri di bagian dalam telinga anak dan butuh waktu sekitar 3 hari untuk bisa pulih seperti sedia kala.

■ Di dalam telinga jika anak yang mengalami otitis media akut akan mengeluarkan cairan nanah dari dalam telinga (congek).

Pengobatan otitis media akut atau infeksi telinga pada anak secara umum kalangan ahli medis senantiasa memberikan berbagai penawar obat khususnya ibuprofen khusus anak dan paracetamol sirup anak. Mengenai pengobatan otitis media akut pada anak akibat infeksi bakteri maka dokter lebih umum memberikan antibiotik agar tidak terjadi gejala yang bisa muncul suatu saat.

Prihal cara pencegahan penyakit otitis media akut pada anak dalam hal ini sangat perlu adanya beberapa cara tersendiri sesuai dengan anjuran ahli medis diantaranya sebagai berikut :

■ Hindarilah anak dari jangkauan lingkungan sekitar yang menimbulkan polusi udara terutama kalangan perokok orang dewasa.

■  Sempurnakan kesehatan anak dengan senantiasa melakukan vaksinasi atau imunisasi khususnya mencegah penyakit infeksi baik dari virus bakteri serta jamur.

■ Jauhkan anak-anak dari jangkauan infeksi virus terutama virus flu dari orang-orang sekutar terutama kalangan keluarga sendiri.

■ Biasakan kepada anak untuk selalu konsumsi ASI setiap hari dari ibunya agar mendapatkan pertumbuhan yang sehat dan optimal sehingga balita tumbuh dengan sehat dan tidak mudah terinfeksi berbagai penyakit.

Ada pun komplikasi penyakit otitis media akut yang terjadi pada sebagian besar kalangan anak-anak diantaranya :

○ Labirinitis. Persebaran infeksi dari dalam telinga bagian dalam dan rongga telinga.

○ Mastoiditis. Persebaran infeksi bagian tulang di belakang telinga.

○ Meningitis. Persebaran infeksi ke selaput yang melindungi otak dan saraf tulang belakang yang di kenal sebagai meningen.

Kejadian penyakit otitis media akut pada anak secara umum terjadi dalam kurun waktu beberapa hari sekitar 2 sampai 1 minggu berlangsung usai terjadinya influenza dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas). Berikut di bawah ini merupakan gejala terjadinya otitis media akut diantaranya :

■ Demam.

■ Sakit kepala pusing pada anak balita.

■ Anak terlihat kecapean, kelelahan dan lemas.

■ Anak terlihat tidak peka dan sedikit kurang mendengar seruan atau ajakan dari orang tuanya.

■ Anak yang terinfeksi mengeluarkan cairan nanah dari dalam telinga secara sedikit demi sedikit.

■ Sebagian besar untuk otitis media akut sebenarnya dapat pulih sebagaimana mestinya dengan cepat tanpa perlu melakukan pengobatan untuk selang 3 hari lebih.

Berdasarkan pengobatan otitis media akut maka di bawah ini merupakan cara yang mesti dilakukan oleh orang tua untuk menyembuhkan keluhan kesehatan pada anak tersebut antara lain sebagai berikut :

■ Pemanfaatan antibiotik oleh ahli medis antara lain sebagai salah satu upaya yang dapat membantu mengatasi keluhan kesehatan otitis media akut pada anak diantaranya untuk mengurangi tingkat faktor infeksi bakteri dan jamur yang terjadi pada kalangan anak yang terinfeksi. Pemberian antibiotik untuk kalangan anak-anak haruslah sesuai dengan anjuran dokter dan ahli medis khususnya dokter bagian THT anak.

■ Pemanfaatan antibitok hanya dilakukan pada anak usia di bawah 3 bulan, anak usia di bawah 2 tahun, anak yang memiliki komplikasi penyakit jantung bawaan. Sementara itu anak yang dengan gejala lainnya tidak sembuh dalam kurun waktu lebih dari 3 hari maka harus di berikan antibiotik juga.

■ Pemanfaatan obat amoxcilin untuk baha antibiotik yang umum dokter berikan khusus untuk anak yang mengalami infeksi virus, bakteri atau jamur.

Pengobatan Otitis Media Akut Pada Anak