Flu Dapat Sebabkan Infeksi Telinga Anak

mengobati sakit telinga karena flu, cara mengatasi telinga berdengung akibat flu, obat sakit telinga karena batuk pilek, telinga terasa sakit di dalam, mengatasi telinga budek saat flu, mengatasi telinga tersumbat karena flu, cara mengobati sakit telinga sebelah kiri, cara mengobati telinga tuli akibat pilek

Tips Anak Sehat dan Pintar – Keluhan kesehatan pada anak bukan hanya sekedar penyakit pilek dan flu saja siapa sangka di balik gejala itu semua juga ada keluhan lain yang terjadi pada anak misalnya sakit telinga akibat infeksi bakteri, virus dan jamur pada telinga anak. Orang tua mestinya lebih peka dan tahu kalo gejala lain yang dirasakan hanya sekedar pilek saja tanpa mengetahui lebih lanjut gejala lainnya maka kondisi anak akan mengkhawatirkan.

Rasa nyeri dan sakit telinga tidak tertahankan sebagai akibat anak mengalami flu dan pilek atau bahkan kedua gejala penyakit tersebut sehingga anak merasakan kesakitan di bagian telinganya saat dirinya mengalami sakit flu bersamaan dengan demam. Tahukah anda sebagai orang tua ketika anda bersin, pilek, batuk dan hidung meler pada anak dibarengi dengan rasa sakit tidak tertahankan mau pun nyeri dari bagian dalam telinga anak.

Menurut guru besar Richard Rosenfeld, Md, MPH dari American Acedemy Of Otolaryngologi menjelaskan “Saat sedang mengalami pilek, anak bisa mengalami telinga sakit dan nyeri akibat gendang telinga berpotensi mengalami peradangan akibat infeksi virus dan bakteri.

Akibat flu atau pilek dimulai dari infeksi virus, bakteri maka hal yang harus secepatnya dilakukan hanya dengan penanganan medis baik dari pengobatan atau pun melalui terapi khusus telinga anak. Menurut kesehatan di bidang medis bahwa pengobatan yang tepat ketika anak mengalami infeksi telinga akibat flu maka anak harus segera diberikan obat Ibuprofen dan Acetaminophen dimana kedua pengobatan ini mampu meringankan gejala rasa sakit yang terjadi khususnya bagi kalangan anak-anak dan dewasa. Sebelum mengonsumsi obat tersebut maka hal yang mesti dilakukan tentunya dengan rutin berkonsultasi tentang keluhan kesehatan yang terjadi pada telinga anak.

Bagi sebagian besar kalangan usia khususnya kalangan anak-anak di bawah usia 5 tahun  yang terinfeksi dapat muncul di gendang telinga ketika bakteri dan virus penyebab cairan bersama dengan nanah mengisi area ruang belakang gendang telinga. Jadi dapat diketahui jika kondisi flu dapat sebabkan infeksi telinga anak sudah mesti segera di tangani agar tidak menjadikan dampak serius dan membahayakan kesehatan telinga anak.

Kenapa dikatakan demikian flu dapat sebabkan infeksi telinga anak ?

Ya flu yang terjadi pada anak sering kali menjadikan anak merasakan murung dan kesakitan berlangsung agak lama sekali. Flu pada anak dengan bentuk gejala pilek yang terjadi khususnya pada anak bila tidak di tangani dengan baik kabar buruknya anak akan menjadi rentan kesakitan karena indera penciumannya dan pernafasannya terganggu. Sebenarnya untuk gejala flu sebabkan infeksi telinga anak memang benar bisa saja terjadi karena flu. Sebab infeksi telingan yang ada pada anak itu dikarenakan terserang infeksi bakteri dan virus parainfluenza, respiratory syncytial viruses (RSV), influenza, adenovirus, enterovirus tertentu, dan coronavirus.

Lebih umumnya lagi kalangan balita yang terserang flu sangat mudah dan rentan terjadinya karena saat usia balita sistem daya tahan tubuh anak masih dalam proses perkembangan dan masih lemah sekali untuk menangkal infeksi virus mau pun bakteri. Jadi sebagaimana umumnya para orang tua harus senantiasa mendidik anak agar anak sehat, cerdas dan pintar sehingga menjadi cita-cita apa yang diharapkan oleh orang tua kelak di kemudian hari.

Di bawah ini cara penularan flu sebabkan infeksi telinga anak, kalangan balita dan juga kalangan dewasa sekali pun berikut diantaranya :

■ Infeksi flu disebarluaskan atau ditularkan udara

Jika teman sebayanya anak-anak atau pun keluarganya ayah dan ibu sedang bersin dan batuk-batuk, pilek dan sebagainya maka anak sebisa mungkin jangan didekat orang tua yang terinfeksi. Sebisa mungkin menjauhkan balita anda dari infeksi virus influenza yang bisa secara langsung dalam jarak dekat menyemprotkan cairan infeksi virus pada anak.

■ Infeksi flu terjadi secara kontak langsung

Kontak langsung di sini maksudnya dimana terjadi baik secara hubungan fisik atau dalam jarak dekat sekali pun misalnya orang yang sedang sakit flu dekat dengan anak maka hal yang harus dilakukan harus menjauhkannya atau memakaikan masker bagi yang sedang mengalami sakit flu.

■ Bersentuhan dengan benda yang terinfeksi virus influenza

Virus influenza yang terjadi akibat anak bersentuhan dengan benda disekitarnya misalnya anak memegang benda yang tadinya terkena semprotan bersin-bersin orang dewasa. Maka selanjutnya anak baik balita lebih rentan terserang flu dan pilek secara berangsur-angsur.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *