Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Pantangan Penyakit Campak Pada Anak

Pantangan penyakit campak pada anak memang banyak sekali macamnya terutama bagi kalangan anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan dan secara khusus butuh bsistem kekebalan tubuh yang cukup baik dalam melawan berbagai infeksi penyakit. Campak itu sendiri salah satu jenis penyakit yang ditularkan dan bisa menular kepada semua orang.

Campak sebenarnya akibat adanya infeksi dari virus berupa morbillivirus dengan akibat dapat merusak dan mengganggu sistem pernafasan pada anak, demam dan ruam-ruam merah pada kulit anak. Bahkan menurut hasil catatan medis bahwa anak yang sangat rentan terhadap infeksi penyakit campak adalah anak yang belum sama sekali mendapatkan perawatan berupa vaksinasi alias imunitasi campak.

Pada awal masa penanganan secara intensif dari lingkungan medis dimana gejala yang terjadi dan sering dialami anak-anak berupa demam, pilek, batuk-batuk, mual dan bersin-bersin. Ada juga gejala lain yang nampak terlihat sekali diantaranya peka terhadap cahaya, meler, nyeri pada rongga kerongkongan, adanya bintik putih di dalam mulut dan gejala tersebut berlangsung selama kurang lebih 14 sampai 15 hari saat terjangkit infeksi virus.

Dalam dunia medis pula diterangkan mengenai pantangan penyakit campak pada anak yang mesti dijauhi supaya penyakit campak anak tidak menyebar dan menular kepada siapa saja berikut diantaranya banyak sekali :

Makanan serba di goreng dan gorengan

Mungkin sebagian besar anak-anak sering kali tergiur dengan makanan gorengan atau masakan dengan menggunakan minyak di tambah rasa pedas yang menyengat di hidung. Namun, siapa sangak jika makanan yang serba di goreng itu sangat tidak baik dan termasuk ke dalam pantangan penyakit campak pada anak yang harus diwaspadai.

Gejala dari adanya infeksi penyakit campak pada anak berupa tahap awal diantaranya akan sulit dalam menelan makanan akibat peradangan di mulut dan kerongkongan sehingga menyakini tenggorokan anak. Maka sehubungan dengan makanan yang di goreng menjadikan gorengan minyak ini merusak dan melukai tenggorokan anak. Bukan hanya itu gejala campak lainnya berupa batuk yang sangat tidak dianjurkan mengunyah makanan yang di goreng karena menyebabkan dahak sukar untuk keluar.

Telur

Sebenarnya telur sangat baik bagi sistem pencernaan anak, tetapi ada salah satu pantangan penyakit campak pada anak yang mengharuskan untuk tidak memakan telur. Jadi telur dalam hal ini termasuk kategori yang dapat menjadikan kulit alergi, gatal-gatal, memberikan reaksi berbeda pada kulit berupa ruam-ruam merah dan bernanah.

Makanan serba asin

Saat terjadi infeksi virus penyakit kulit campak pada anak maka semestinya anak untuk tidak mengonsumsi makanan yang serba asin dan berbumbu tinggi. Makanan yang terbuat dari serba asin dan garam berakibat luka di kerongkongan anak dan merusak keseimbangan elektrolit dalam tubuh sehingga menjadikan masa inkubasi virus penyebab campak menjadi lebih lama lagi.

Camilan dan makanan cepat saji

Apalagi untuk jenis makanan yang satu ini sudah barang tentu kurang menyehatkan untuk di santap bagi kalangan anak-anak yang mengalami infeksi campak. Makanan-makanan serba siap saji dan camilan semuanya di proses dengan cara di goreng dan banyak sekali kandungan garamnya. Makanan serba garam menjadikan anak yang terkena campak lebih mudah lemah akibat dehidrasi juga menjadikan gatal alergi kulit pada anak.

Susu

Sebenarnya susu sangatlah baik di minum pada saat pasca pemulihan, jika di konsumsi langsung saat terjadi infeksi virus campak pada anak dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernafasan anak akibat gejala campak. Selain itu susu juga menjadikan anak alergi susu lebih parah jika sedang mengalami kasus penyakit campak.

Prihal mengenai pantangan penyakit campak pada anak memang sangat banyak sekali dan bukan hanya terbatas pada jenis makanan saja. Ada beberapa langkah-langkah yang mesti dilakukan ketika anak sedang mengalami infeksi kulit dari virus campak diantaranya sebagai berikut :

○ Biasakan kepada anak agar tidur yang cukup setiap hari.

○ Lampu pijar yang cahayanya terang benderang supaya diganti dengan jenis lampu kamar yang redup sebab anak yang mengalami campak sangat sensitif terhadap cahaya apa pun.

○ Hindarilah udara siang hari dan teriknya panas matahari. Ada cara yang baik yaitu dengan pergi ke ruangan yang  nyaman dan sejuk udara serta tidak menyalakan Air Conditioner (AC).

○ Anak yang mengalami infeksi virus campak sangat dianjurkan untuk selaku mencukupi cairan tubuh dengan minum minuman kaya elektrolit seperti air kelapa muda.

○ Tidak dianjurkan mandi terlebih dahulu pada anak yang mengalami campak sebab akan diperparah jika terkena air dingin.

○ Senantiasa melaksanakan vaksinasi setiap satu bulan sekali baik di lingkungan mau pun langsung pada ahli medis.

Demikian pembahasan kali ini mengenai pantangan penyakit campak pada anak dan langkah-langkah yang harus dilakukan saat putera puteri anda mengalami sakit campak. Mudah-mudahan uraian kali ini menjadikan bermanfaat dalam menjaga dan merawat kesehatan si buah hati.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *