Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Disini

 

Beberapa Faktor Penyebab Infeksi Telinga Pada Anak

pengobatan otitis media akut pada anak, cara mengobati infeksi telinga, obat infeksi telinga pada anak, sakit telinga pada anak umur 4 tahun, infeksi telinga pada bayi 1 bulan, bayi menarik narik telinga, obat tetes telinga untuk bayi 6 bulan, berapa lama infeksi telinga bisa sembuh

Beberapa faktor penyebab infeksi telinga pada anak dinamakan dengan gejala yang terjadi akibat gangguan telinga mulai dari infeksi, peradangan hingga terjadinya telinga berdenging atau berdesir (tinnitus). Secara umum telinga bagian dalam atau telinga bagian tengah akan mengalami banyak sekali gangguan termasuk beberapa faktor penyebab infeksi telinga pada anak dan umum dirasakan oleh kalangan balita dengan rata-rata anak di bawah lima tahun. Beberapa faktor penyebab infeksi telinga pada anak sebagai akibat dari adanya infeksi virus, bakteri dan jamur yang masuk ke dalam rongga telinga anak.

Infeksi telinga atau yang di kenal dengan istilah medis otitis media salah satu keluhan kesehatan dimana terdapat peradangan di bagian dalam (tengah) telinga. Jika hal terjadi infeksi pada bagian dalam telinga terutama area terdekat dengan gendang telinga maka sudah pasti akan mengganggu sistem pendengaran yang nantinya bisa saja menjadi bahaya jika tidak ditangai lebih lanjut.

Infeksi telinga yang selama ini di kenal dengan sebutan congek memang secara medis akan perlu adanya berbagai pengobatan secara khusus dari dokter THT agar nantinya bisa diperoleh secara pasti tentang penyebab dan cara bagaimana mengatasinya. Telinga congek alias otitis media sebenarnya merupakan salah satu masalah pada indera pendengaran yang terjadi dan secara umum lebih di dominasi oleh kalangan anak-anak dengan usia di bawah lima tahun dan sebagiannya lagi di atas lima tahun.

Secara umum bahwa infeksi telinga yang terjadi pada anak akan menimbulkan banyak sekali gejala lainnya dari mulai gangguan pendengaran hingga muncul terjadinya pengeluaran cairan nanah dari dalam rongga telinga. Infeksi telinga bernanah pada anak yang terjadi akan menimbulkan banyak sekali gejala lain dari mulai demam, penumpukkan banyak cairan nanah di dalam telinga bagian tengah telinga dan akhirnya akan memicu peradangan yang cukup menyakitkan.

Penyakit infeksi telinga pada anak yang dinamakan secara medis dengan otitis media ada yang bersifat kronis dan ada pula yang sifatnya akut. Faktor penyebab infeksi telinga pada anak memang yang selama ini diketahui secara jelas dengan nama congek kerap kali menjadi timbul masalah tidak menarik untuk di lihat secara langsung. Beberapa faktor penyebab otitis media infeksi telinga pada anak ini memang menjadikan hal yang harus dicegah penyebabnya, sehingga nantinya tidak menimbulkan gangguan kesehatan pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Beberapa faktor penyebab infeksi telinga pada anak itu dikarenakan adanya ulah aktivitas virus dan bakteri yang menempati ruangan di dalam rongga telinga bagian dalam. Jenis bakteri yang lebih umum menginfeksi telinga terutama kalangan anak-anak diantaranya jenis Streptococcus pneumoniae, diikuti oleh Haemophilus influenzae dan Moraxella cattarhalis, juga Turicella otitidis. Kendati demikian terdapat beberapa kasus keluhan infeksi telinga yang diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri tetapi sedikit sekali penanganan dengan pemberian antibiotik.

Di bawah ini merupakan jenis-jenis infeksi telinga pada anak yang kerap kali terjadi diantaranya sebagai berikut :

■ Otitis Media Akut

Otitis media akut merupakan salah satu masalah pada bagian dalam telinga terutama bagian tengah di belakang ruangan gendang telinga. Beberapa faktor penyebab otitis media akut antara lain karena adanya aktivitas virus dan bakteri sehingga menjadikan adanya rasa sakit dan nyeri di area telinga.

■ Otitis media kronis

Salah satu jenis infeksi telinga bagian dalam dengan tanda berkelanjutan setelah terjadinya otitis media akut. Bentuk dan cirinya dapat dikenali dengan adanya cairan nanah yang menggumpal terlebih dahulu baru kemudia akan dikeluarkan lewat rongga telinga yang nantinya akan keluar cairan nanah berwarna kuning (congek).