Cara Melatih Anak Berhenti Pakai Pampers

Cara Melatih Anak Berhenti Pakai Pampers, Apa itu Potty Training, Cara mengatasi anak ngompol malam hari, cara mengajarkan anak ngompol di toilet, cara mengajarkan anak berhenti pakai popok atau pampers, cara meningatkan anak untuk ngompol di toiletCara Melatih Anak Berhenti Pakai Pampers – Berbagai macam merk popok dan pampers bayi yang sudah teruji secara klinis dan rekomendasi para ahli di jual bebas di pasaran. Pampers bayi tentu dalam hal ini sangat membantu sekali bagi para orang tua, karena dengan pemakaian pampers yang sekali pakai lalu tinggal di buang. Dalam hal ini seiring dengan pembelian merk pampers bayi maka anggaran belanja pun akan meningkat. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan membahas tentang cara melatih anak berhenti pakai pampers.

Terdapat beberapa cara melatih anak berhenti pakai pampers selamanya dan menggantikannya dengan celana dalam khusus balita berikut diantaranya :

■ Metode Potty Training

Metode ini salah satu metode awal dimana metode Potty Training adalah proses pelatihan bagi balita yang semenjak awal menggunakan pampers dan beralih menuju ke toilet dengan mengajarkan cara memanfaatkan toilet. Hal ini adalah cara tepat yang bisa diajarkan oleh ibu saat anak ingin buang air kecil atau buang air besar. Pemakaian pampers hanya dibatasi saja menginjak usia 20 bulan dan selepas itu mengajarkan anak Potty Training.

■ Penyesuaian jadwal buang air

Saat anak akan tertidur tidak lupa untuk mengingatkan anak untuk buang air kecil terlebih dahulu ke toilet agar nanti malamnya tidak ngompol.

■ Memberikannya hadiah

Maksudnya adalah ketika anak tengah berusaha mencoba berhenti memakai pampers, maka berikan anak sebuah hadiah agar nantinya anak bersemangat. Dengan begitu bunda tidak perlu khawatir jika anak ngompol secara tiba-tiba sebab telah diajarkan metode seperti Potty Training.

■ Tidak boleh merasa kesal saat menghadapinya

Kadang kala anak sering susah diajarkan untuk berhenti memakai pampers dan beralih ke metode Potty Trainning. Sangat butuh kesabaran yang cukup karena jika anak merasa tertekan dan dimarahi maka anak tidak mau menuruti perintah bunda. Selain itu apabila anak dimarahi karena tidak nyaman tanpa pampers sudah barang tentu akan menangis dan enggan melepaskan pampersnya. Ajaklah anak anda minimal 1 jam sekali untuk pergi ke toilet dan ajari bagaimana cara menggunakan alat-alat yang berada di dalam toilet.

■ Memberikan dukungan

Saat anak telah mampu berhenti memakai pampers dan beralih ke potty training maka sebisa mungkin memberikan dukungan penuh dari ibunda. Beri pengajaran secara baik bahwa popok atau pampers hanya digunakan oleh bayi saja dan buka untuk balita.

■ Jangan terlalu sering pakai popok atau pampers

Semenjak anak memakai pampers hanya mesti di pakai saat  ada acara yang sangat penting, misalnya saat menghadiri hajatan dan syukuran maka diperbolehkan memakai pampers bagi balita. Dengan begitu anak akan dengan mudah melupakan pemakaian pampers meskipun hanya secara perlahan-lahan.

■ Memakai perlak

Saat anak sudah bisa berhenti atau awal mula berhenti pakai pampers, hal yang mesti dilakukan oleh orang tua adalah dengan memakaikan perlak untuk alas tempat tidur anak. Mungkin kondisi sering ngompol di malam hari seperti bayi bisa diantisipasi dengan perlak.

■ Kurangi jajan es dan jajanan tidak sehat

Jajan es sudah barang tentu mengandung banyak air, sehingga anak akan mudah ngompol. Sangat penting juga mengingatkan bahwa jajan es akan membuatnya sakit perut dan sering ngompol. Jajanan yang tidak sehat akan membuat perut anak mules dan bisa saja anak tidak sanggup menahan buang air besar. Oleh karena itu, bunda perlu mengingatkan dan mendampingi anak untuk selalu pergi ke toilet saat anak hendak buang air.

■ Interaksi yang lemah lembut

Diperlukan sebuah hubungan baik terutama komunikasi anak secara lemah lembut, sehingga anak akan dengan mudah melakukan hal yang diperintahkan oleh ibunya.

■  Membutuhkan ketelatenan dan kesabaran

Saat anak telah berhasil melaksanakan perintah orang tuanya maka membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dari ibunda. Tidak diperbolehkan memaksa sedemikian rupa, sebab mendidik anak membutuhkan waktu yang tepat agar anak tumbuh menjadi anak yang baik dan patuh pada orang tuanya.

■ Batasi minum saat tidur malam hari

Anak yang terlalu sering minum air putih dan jajan es tentu bisa ngompol mendadak saat malam hari atau saat bermain dengan teman-temannya. Batasi minum terutama saat malam hari jika anak mau tidur dan penting pula memakainya pakaian hangat saat cuaca dingin atau sedang hujan.

Demikian beberapa cara yang bisa membantu mengantisipasi anak agar tidak selalu memakai pampers setiap harinya. Mudah-mudahan uraian tentan tips anak ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *