Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Umur 1 Tahun yang Susah Makan

vitamin penambah nafsu makan anak 1 tahun yang bagus, resep makanan bayi 1 tahun susah makan, vitamin anak susah makan umur 1 tahun, cara mengatasi anak susah makan usia 16 bulan, cara mengatasi anak susah makan dan minum susu, anak umur 1 tahun susah makan dan minum susu, cara mengatasi anak susah makan nasi, cara mengatasi anak susah makan usia 18 bulan

Bagaimana cara mengatasi anak umur 1 tahun yang susah makan – Susah makan saat anak usia sekitaran 1 tahun ke atas memang menjadi masalah para orang tua yang hingga kini masih belum dapat teratasi. Susah makan pada anak usia 1 tahun ke atas semenjak usia balita memang anak-anak sebagian besar sering mengalaminya. Jika keinginan anak saat usia balita tidak dapat terpenuhi anak lebih sering merengek sejadi-jadinya dan enggan berhenti dari tangisannya. Anak lebih cenderung ingin jajan sembarangan ketimbang  sarapan yang sudah dibuatkan oleh orang tuanya.

Tentunya jajanan yang tidak sehat yang disajikan di warung atau tempat-tempat makanan lainnya bisa menjadi masalah bagi sistem pencernaan anak. Anak yang susah makan saat usia 1 tahun ke atas akan mengakibatkan kekurangan zat gizi atau bahkan gizi buruk sekali pun. Susah makan pada anak memang perlu adanya perhatian khusus dan lemah lembut serta adanya tingkat kesadaran yang cukup besar. Sering kali para orang tua memarahi anak yang enggan sarapan sehingga anak merengek nangis tidak mau berhenti.

Ketika usia anak mencapai satu tahunan lebih atau ketika masa balita, dimana kondisi tumbuhnya gigi akan sangat sering menggigit benda-benda sekelilingnya. Ketika anak tumbuh gigi akan sangat sulit sekali untuk makan dikarenakan tumbuhnya gigi pada anak usia balita menjadikan area mulut dan gusinya terasa gatal bahkan anak merasa kesakitan. Rasa sakit di area gusi anak disebabkan anak sering menggigit area gusi tersebut sehingga muncul luka di area gusi.

Jika hal demikian terus terjadi, maka anak tidak nafsu makan dan hanya menggigit jari telunjuk yang dimilikinya. Ketika saat bermain, anak akan sangat susah untuk makan sehingga anak lebih senang bermain dengan teman-temannya. Hal demikian menunjukan adanya faktor lain sehingga anak sangat susah sekali diajak sarapan yang dibuatkan oleh ibunya. Penyebab yang lebih umum bisa saja dikarenakan anak ingin konsumsi makanan lain sesuai selera anak.

Berikut di bawah ini tentang penyebab yang menjadikan anak susah makan saat berusia satu tahun lebih antara lain disebabkan oleh :

Anak belum mengetahui cara makan yang benar

Anak saat usia satu tahun sebenarnya sudah bisa melihat apa yang orang tuanya kerjakan seperti mengunyah makanan dan memakan sesuatu. Akan tetapi, saat anak usianya hampir mencapai 1 tahunan lebih, tentunya anak perlu sekali pengajaran tentang bagaimana cara agar bisa mengunyah makanan termasuk nasi dan sejenisnya.

Anak baru tumbuh gigi atau belum tumbuh gigi

Hal yang menjadikan anak sangat sulit sekali untuk makan disebabkan oleh adanya pertumbuhan gigi di mulut si kecil. Anak yang baru tumbuh gigi lebih sering mengalami kesakitan di area gusi anak umur satu tahun akibat rasa gatal sehingga melukai area gusi anak. Dengan begitu, anak kehilangan selera makannya dan enggan sekali menyantap makanan yang nanti orang tuanya akan menyuapinya.

Anak ingin selera makan makanan yang lain

Maksud selera makan di sini adalah dimana anak menginginkan jenis makanan lain untuk di makan misalnya anak ingin mengunyah kue yang dimakan oleh ibunya. Apabila kue yang hendak dimakan oleh anaknya berbentuk keras sebisa mungkin untuk di buat bubur kue agar anak bisa mengonsumsinya dengan lembut. Anda bisa juga memberinya kue secara langsung, biarkan si kecil agar bisa belajar mengunyah makanan.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Anak Umur 1 tahun yang susah makan ?

Cara mengatasi anak umur 1 tahun yang susah makan sering kali menjadikan anak merasa tertekan kalau-kalau orang tuanya memaksa anak untuk menyuapi makanan anak. Anak dipaksa disuapi makan, sedangkan ia tidak ingin makan sehingga anak menangis tidak mau berhenti. Maka dari hal tersebut, sangat penting bagi seorang ibu agar memberikan perhatian khusus secara lemah lembut agar anak mau makan apa yang di buat oleh ibunya.

Berikut ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan agar anan senantiasa mau disuapi untuk makan setiap hari diantaranya :

Membuat menu masakan yang unik

Menu makanan dengan bentuk sayuran yang mirip dengan boneka atau gambar kartun bisa menjadikan anak mau disuapi oleh ibunya. Cara ini terbilang sederhana, karena ibu hanya perlu membentuk sayuran dan jenis masakan menjadi gambar wajah kartun yang anak sukai atau berupa bentuk boneka yang sering ia bawa.

Wadah Makanan bergambar karakter tokoh yang anak suka

Banyak yang menanggapi bahwa dengan gambar kartun kesukaan anak tentunya membuat anak ingin berlama-lama untuk sekedar bermain sehingga ibu bisa sambil menyuapi anak dengan cerita yang sering anak tonton terutama tokoh kartun.

Tidak harus sambil menonton televisi

Jika hal ini dilakukan terutama saat bayi di gendong dan disuapi sambil nonton tv, tentunya anak akan terus berlama-lama menyaksikannya tanpa menghiraukan waktu makannya. Maka sangat penting bagi anak untuk tidak menyetel televisi saat anak disuapi oleh ibunya.

Mengajak anak untuk sarapan di tempat yang nyaman dan sejuk

Misalnya ajak anak untuk disuapi makanan di tempat keramaian sambil bermain di pekarangan rumah atau tempat-tempat yang masih asri dan sejuk seperti di taman.

Nah, itulah beberapa langkah yang bisa saja bunda coba tentang bagaimana cara mengatasi anak umur 1 tahun yang susah makan dengan langkah-langkah tercantum di atas. Mudah-mudahan uraian kali semoga bermanfaat bagi semua para orang tua yang sedang memberikan perhatian khusus bagi si buah hati. Terima kasih dan salam sehat anak Indonesia.