Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Cara Menghitung Derajat Luka Bakar Pada Anak

rumus baxter luka bakar, derajat luka bakar pdf, contoh soal luka bakar, grade luka bakar, presentasi luka bakar, contoh soal menghitung luas luka bakar, contoh soal menghitung kebutuhan cairan pada luka bakar, persentase luka bakar pada anak

Cara Menghitung Derajat Luka Bakar Pada Anak – Prosedur penghitungan derajat luka bakar pada anak harus dilakukan oleh kalangan ahli medis tepatnya spesialis kulit anak. Luka bakar itu sendiri memiliki pengertian luka yang diakibatkan oleh kontak langsung dan tidak langsung dengan suhu tinggi termasuk di dalamnya bara api, listrik, air panas, benda panas, bahan kimia dan radiasi.

Penyebab Terjadinya Luka Bakardi dibedakan ke dalam beberapa jenis luka bakar termasuk diantaranya :

■ Jilatan api ke tubuh.

■ Kobaran api di tubuh.

■ Tersengat sinar matahari.

■ Sengatan Listrik.

■ Reaksi Bahan Kimiawi.

■ Bersentuhan dengan benda panas.

Kasus luka bakar yang sering terjadi mulai dari kalangan anak-anak, bayi hingga kalangan dewasa diantaranya tersiram air panas, dan bersentuhan dengan benda panas dan jilatan api yang berkobar di tubuh akibat kebakaran tempat tinggal. Akan tetapi banyak pula kasus luka bakar yang diakibatkan oleh kecelakaan laboratium terhadap reaksi kimia bahkan banyak pula kasus luka bakar karena ulah tangan-tangan jahat yang menyiramkan air keras ke seluruh tubuh.

Kasus luka bakar yang paling sering terjadi diantaranya kecelakaan akibat kompor petromak meledak, drum meledak, kompor gas meledak hingga karbit yang meledak termasuk pula pada petasan dan kembang api. Sebagian besar kalangan ibu-ibu yang memasak di dapur tentu sering kecipratan minyak panas karena memasak makanan.

Hasil kajian riset para ahli menyatakan bahwa 70 % kasus kecelakaan luka bakar sering terjadi di lingkungan rumah tangga, 25% terjadi di area pabrik (industri) dan 5% lagi kecelakaan lalu lintas.

Berikut di bawah ini komplikasi akibat terjadinya luka bakar :

■ Munculnya jaringat parut yang bisa berkembang terus menerus menjadi tingkat cacat parah. Kontraktur kulit dapat mengganggu fungsi dan mengakibatkan kaku sendi dan bisa saja menimbulkan jaringan parut berupa keloid.

■ Terjadinya infeksi cukup berat. Reaksi akibat luka bakar di beberapa anggota tubuh terutama pada kalangan anak-anak akan mengalami infeksi. Setelah munculnya infeksi pada luka tentu akan memicu reaksi sepsis (peradangan hebat di kulit yang sangat berbahaya).

■ Gangguan pada sistem pernafasan. Secara umum terdapat gejala gangguan dalam bernafas terutama untuk penderita yang mengalami luka bakar cukup parah.

■ Terjadinya ulkus Curling salah satu komplikasi cukup serius dengan melibatkan organ ulkus pada duodenum (lambung) sehingga reaksinya pula akan mempengaruhi asam lambung.

■ Munculnya gejala Konvulsi. Gejala komplikasi luka bakar seperti ini sering terjadi pada kalangan anak-anak dengan munculnya rasa tidak nyaman bergerak berupa rasa nyeri, kaku, gatal, perih, panas, hipoksia.

■ Akan memicu reaksi permasalahan pada kulit nantinya sehingga tampak terlihat bekas luka bakar, jelek dan tidak sedap dipandang.

Cara menghindarkan anak dari terjadinya potensi luka bakar berikut antara lain :

■ Memberi pengertian kepada anak bahwa bermain api sungguh sangat berbahaya seperti tidak dianjurkan untuk bermain petasan, bermain bersama panas matahari cukup menyengat, di area dapur yang suatu waktu bisa saja menjadi sumber luka bakar.

■ Bagi para orang tua terutama kalangan ibu-ibu yang sering menyetrika untuk menghindari jangkauan anak-anak ketika anak sedang bermain. Karea bisa saja anak akan menghampiri ibunya lalu menyentuh setrika yang masih panas.

■ Usahakan bagi orang tua untuk meletakkan korek api dan benda panas lainnya jauh dari jangkauan anak-anak.

■ Biasakan untuk selalu memasak air tidak sedang bersama anak-anak. Jika anak datang usahakan untuk mendekati air panas yang sedang di masak.

■ Usahakan kepada anak untuk tidak memakai sandal saat berada di motor dan menjauhi anak anda dari peralatan rumah yang bisa menimbulkan percikan api, reaksi kimia dan bahan-bahan yang bisa meledak.

Prosedur penghitungan sebagai cara menghitung derajat luka bakar pada anak didasari oleh presentase terhadap luas permukaan tubuh. Cara menghitung derajat luka bakar sangat diperlukan metode rumus Rule Of Nine dari Wallace Prosedur penghitungan semacam ini hanya diperuntukkan bagi kalangan dewasa, sebab anak-anak memiliki proporsi tubuh yang sangat berbeda.

Berikut ini rumus yang di pakai sebagai presentase luka bakar berdasarkan “Rule Of Nine” oleh Polaski dan Tennison dari Wallace diantaranya :

■ Kepala dan leher : 9%
■ Ekstremitas atas : 2 x 9% (kiri dan kanan)
■ Paha dan betis-kaki : 4 x 9% (kiri dan kanan)
■ Dada, perut, punggung, bokong : 4 x 9%
■ Perineum dan genitalia : 1%

Penghitungan derajat luka bakar pada anak-anak maupun kalangan dewasa memang sangat diperlukan. Terlebih presentase luka bakar sering memacu perasaan syok dan traumatis dengan diiringi rasa sakit, perih yang tidak bisa di tahan. Tidak hanya itu pembuluh darah kapiler akan mengalami penekanan dan kerusakan jaringan. Sel-sel darah yang tadinya berjalan dengan normal lama-kelamaan akan terhambat dan mengalami perpecahan sel.

Berikut di bawah ini beberapa langkah pertolongan pertama saat terjadi luka bakar pada anak dan dewasa diantaranya :

■ Hindari sumber api dan redam seketika itu juga baik dengan air karung basah di area yang terbakar. Ada alat pemadam yang sering disediakan terutama di area industri.

■ Singkirkan pakaian yang terbakar.

■ Cucilah beberapa anggota tubuh yang tersentuh benda panas dan terbakar dengan air mengalir selama seperempat jam.

■ Bersihkan dengan sabun cuci antiseptik dan air angat di area kulit terbakar atau pun melepuh untuk kemudian diolesi oleh salep luka bakar.

■ Biarkan area luka bakar terbuka supaya luka bakar mudah kering dan mudah mengelupas.

rumus baxter luka bakar, derajat luka bakar pdf, contoh soal luka bakar, grade luka bakar, presentasi luka bakar, contoh soal menghitung luas luka bakar, contoh soal menghitung kebutuhan cairan pada luka bakar, persentase luka bakar pada anak

>>>Salep Luka Bakar Anak-anak, Bayi Dan Dewasa Alami 100% Herbal Original<<<<
Klik DiSINI !!