Metode Kecerdasan dan Kreatifitas Anak

Metode Kecerdasan dan Kreatifitas Anak – Kecerdasan merupakan gambaran umum bagi penerangan sifat pikiran yang meliputi beberapa kemampuan, misalnya penalaran, perencanaan, pemecahan perkaram, pemikiran absraktif, pemahaman gagasan, pemakaian logat dan menuntut ilmu. Kecerdasan berhubungan dengan kemampuan kognitif setiap individu.

Metode Kecerdasan dan Kreatifitas Anak, pengembangan kreativitas anak usia dini contoh kreativitas anak usia dini pengertian kreativitas anak usia dini

Kecerdasan pada anak dapat di ukur dengan media psikometri yang di kenal dengan tes IQ ( Intelligence Quotient ). Prihal mengenai kecerdasan pada anak memang perlu diberikan penerangan yang lebih detil agar sesuai dengan pengarahan.

Adapun cara mendidik dan membimbing agar anak-anak menjadi cerdas dan pandai seperti halnya dahulu para orang tua selalu mengajarkan dan mendidik kita saat masih anak-anak.

Berikut ini beberapa kegiatan yang orang tua dahulu saat mendidik anaknya seperti di bawah ini :

  • Memberikan anak keleluasaan untuk bermain

Maksud memberikan keleluasaan untuk bermain adalah anak yang belajar terlalu keras ( giat ) akan membuat otak anak lebih mudah tumpul. Apabila anak dibiarkan terus belajar yang berlebihan akan membuat dia kurang pergaulan dan pengalaman.

  • Memberi anak sebuah hadiah

Anak dari jaman dulu sampai sekarang, para orang tua selalu memberikan hadiah setelah anak di berikan tantangan oleh orang tuanya. Seperti halnya, anak yang mendapat nilai raport sebab rajin belajar di rumah, berhak mendapatkan hadiah.

  • Memberikan perhatian khusus kepada anak

Perhatian yang jarang sekali dilakukan oleh para orang tua dalam hal pergaulannya. Seringkali para orang tua lupa bagaimana pergaulannya. Oleh sebab itu, sudah semestinya orang tua memberikan perhatian khusus dengan meluangkan waktu untuk bersama anak.

Meskipun sebagai orang tua tidak memiliki waktu luang, akan tetapi kurang perhatiannya orang tua mempengaruhi kepribadiannya. Anak akan merasa senang jika ada pihak yang ingin menjadi tempat untuk mencurahkan segalanya.

Untuk menjadikan anak agar cerdas tentunya memerlukan kesabaran dan bimbingan agar nantinya anak selain cerdas dan pandai juga paham tatakrama.

Demikian uraian singkat mengenai bagaimana cara membuat anak menjadi cerdas. Semoga bahasan yang di buat dapat bermanfaat.


Posted by : Tips Anak Sehat, Cerdas dan Kreatif