Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Anak

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan Anak

Kesehatan anak perlu ditunjang dengan memberikan asupan makanan yang sehat dan seimbang. Salah satu makanan yang dikategorikan dalam makanan sehat dan seimbang yaitu buah-buahan. Buah-buahan sebagai penyuplai zat gizi terbesar bagi tubuh. Sebagai contoh buah pisang, buah yang tergolong ekonomis dan lezat. Bisa dipakai dalam olahan makanan, minuman dan sebagainya. Buah pisang menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan. Selain rasanya yang manis dan lembut saat matang, buah ini mengandung banyak nutrisi yang dipelukan oleh tubuh. Keragaman buah-buahan di Indonesia menjadikan buah pisang sebagai salah satu komoditas perdagangan terbesar di Indonesia.

manfaat pisang ambon untuk anak, manfaat pisang untuk anak 1 tahun, pisang raja buat bayi, manfaat pisang untuk bayi 9 bulan, manfaat pisang untuk kesehatan, manfaat buah pisang untuk pria, manfaat makan pisang sebelum tidur, manfaat pisang bagi kecantikan, jenis pisang untuk bayi 6 bulan, pisang sunpride untuk bayi, pisang untuk bayi 3 bulan, pisang cavendish untuk bayi, pisang sunrise untuk bayi, pisang untuk bayi 1 bulan, pisang barangan untuk bayi 6 bulan, gambar pisang susu, pisang apa yang bagus untuk bayi, bolehkah bayi makan pisang sunpride, pisang untuk bayi 1 bulan, efek pemberian makan bayi sebelum 6 bulan, makanan bayi umur 1 bulan selain asi, pisang untuk bayi 4 bulan, bubur sun untuk bayi 2 bulan, makanan bayi 2 bulan selain asi

Buah pisang selain memberikan kontribusi gizi lebih tinggi daripada apel, pisang juga dapat menyediakan cadangan energi dengan cepat bila dibutuhkan. Termasuk ketika otak mengalami keletihan. Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain.

Kandungan dan Manfaat Buah Pisang

  • Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khsususnya zat besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap oleh tubuh. Berdasrkan berat kering, kadar zat besi pada pisang lebih tinggi yaitu 2 mg/100 gram dibandingkan pada apel hanya 0,2 mg zat besi.
  • Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada apel hanya 15 mg. Adanya vitamin B, B6 yang berfungsi sebagai koenzim dalam reaksi metabolik tubuh, sintesis tubuh metabolisme protein maupun metabolisme energi. Kandungan lemak dan protein pada pisang lebih besar dari buah apel. Anda tidak perlu takut obesitas, sebab lemak pisang masih lebih rendah dari makanan lainnya.
  • Mengandung karbohidrat yang efektif dalam menambah energi dan kebutuhan akan glukosa darah. Mengingat glukosa darah sangat penting bagi otak agar berfungsi secara optimal.
  • Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori.
  • Mengandung Asam Amino yang dirubah menjadi serotoni yang efektif memperbaiki suasana hati alias depresi.
  • Mengandung serat alami. Sebab serat pada pisang memulihkan fungsi kerja usus. Adanya serat pektin, serat yang larut (hidrokoloid) yang dapat membantu menormalkan gerakan yang melalui saluran pencernaan.
  • Manfaat lainnya pada buah pisang adalah adanya senyawa Fructooligosaccharide yang berfungsi memelihara probiotik bakteri dalam usus. Bakteri ini memproduksi enzim yang bermanfaat meningkatkan kemampuan pencernaan kita dan melindungi kita dari infeksi bakteri yang tidak sehat. Berkat Fructooligosaccharide, bakteri probiotik dapat meningkatkan baik dalam jumlah dan fungsi, meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap kalsium.
  • Selain itu, pisang hijau mengandung asam lemak rantai pendek dicerna (SCFAs) yang sangat nutrisi ke sel-sel yang membentuk mukosa lambung. Sel-sel ini, ketika sehat, menyerap kalsium dengan lebih efisien.

Dari uraian diatas banyak sekali manfaat baik dalam buah pisang yang belum kita gali. Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam Sehat !!


Posted by : Tips Anak Sehat, Cerdas dan Kreatif