Edisi Terbatas Khusus Untuk Hari Bisa Kirim Barang Dulu Transfer Setelah Barang Diterima

Klik Dibawah

 

Makanan untuk Penderita Infeksi Usus

buah untuk menyembuhkan radang usus, sayuran untuk penderita radang usus, makanan yang harus dihindari penderita radang usus, sayuran untuk radang usus, makanan yang dianjurkan bagi penderita radang usus, pantangan makanan radang usus besar, makanan yang baik untuk penderita infeksi saluran pencernaan, makanan yang mengandung prebiotik dan probiotik

Infeksi usus adalah bagian dari keluhan kesehatan pada sistem pencernaan terutama bagian organ usus. Keluhan penyakit ini bisa menyerang berbagai usia dari mulai usia balita hingga kalangan manula sekali pun. Bahkan berdasarkan kasus kesehatan jika infeksi usus tidak segera di tangani secara langsung akan menimbulkan berbagai bahaya kesehatan diantaranya terjadi kanker pada usus. Maka oleh sebab itu, keluhan kesehatan infeksi usus mesti segera di tangani langsung baik oleh ahli terapi atau juga oleh ahli medis.

Penting bagi semua kalangan usia untuk selalu menjaga sistem pencernaannya dengan terbiasa mengonsumsi makanan yang sehat dan bersih terbebas dari kuman atau bakteri. Jika makanan yang di makan mengandung bakteri, virus atau jamur, besar kemungkinan gejala infeksi usus akan lebih mudah terjadi.

Gejala infeksi usus di bagi menjadi dua jenis keluhan kesehatan diantaranya Kolitis pseudomembran dan Necrotizing Enterocolitis.

Necrotizing Enterocolitis. Salah satu jenis penyakit usus dimana terjadi jaringan mati di dalam organ usus manusia. Secara umum keluhan kesehatan ini terjadi pada kalangan bayi atau balita dengan sebab akibat mengonsumsi susu formula secara berlebihan, transfusi darah dan bayi prematur yang sedang sakit parah.

Gejala Necrotizing Enterocolitis diantaranya mual, diare berkepanjangan, muntah, pusing, perut membuncit, badan lemas akibat dehidrasi, sesak nafas, tidak selera makan dan jantung tidak terkontrol.

Kolitis Pseudomembran adalah jenis peradangan usus besar cukup kronis yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Clostridium difficile dengan perkembangbiakan di dalam usus cukup banyak. Jenis infeksi usus ini sangat menular sekali karena jenis bakteri di usus besar tersebut bisa menyebar luas melalui spora spora pada feses penderita. Adapun yang menjadi sebab akibat terserang jenis infeksi usus ini antara lain sebagai berikut :

○ Faktor Usia. Secara umum lebih sering dialami oleh kalangan dewasa dan manula.

○ Faktor pemakaian obat antibiotik.

○ Zona perawatan seperti rumah sakit, klinik, tempat panti jompo, panti asuhan, dan area untuk perawatan medis lainnya termasuk kamar mandi atau toilet.

○ Pengidap dengan riwayat penyakit infeksi usus atau penyakit cukup lama sehingga memaksa untuk berlama-lama di rumah sakit.

○ Sistem imunitas tubuh yang lemah tanpa daya sama sekali.

Infeksi usus yang menyerangan kalangan dewasa khususnya anak-anak haru segera di atasi karena anak-anak sebagian besar lebih mudah terinfeksi jenis penyakit tersebut. Maka sebagai orang tua mesti mewaspadai jika anak terlihat tanda-tanda terserang infeksi usus dan harus segera di bawa ke rumah sakit dengan pemberian obat infeksi usus anak.

Menurut ilmu medis terdapat beberapa makanan untuk penderita infeksi usus agar tidak dianjurkan memakannya diantaranya :

■ Makanan rendah serat seperti buah-buahan dan sayuran hijau karena kedua bahan tersebut dapat memicu pertumbuhan bakteri dan virus yang asalnya dari makanan tidak bersih dan masih banyak pupuk kimiawi.

■ Makanan rendah lemak. Menurut penelitian terdapat beberapa jenis makanan rendah lemak sebagai pantangan bagi penderita infeksi usus antara lain santan, kacang, dan biji-bijian utuh.

■ Minuman dari olahan susu.

■ Makanan pedas dan asam tinggi.

■ Makanan yang cukup keras dan susah di cerna oleh usus.

Cara tepat agar bisa mengonsumsi makanan setiap hari tanpa perlu khawatir hanya dengan beberapa sebagai berikut :

■ Mengonsumsi air putih setiap hari yang di masak hingga benar-benar matang.

■ Memperbanyak cairan tubuh,

■ Mengonsumsi makanan kaya zat gizi dan benar-benar bersih.

■ Mengurangi konsumsi makanan setiap hari saat penderita mengalami gejala infeksi usus.

■ Tidak dianjurkan mengonsumsi obat antibiotik secara berlebihan.

■ Tidak dianjurkan memakan makanan yang banyak di jual secara sembarangan.

Itulah beberapa jenis makanan untuk penderita infeksi usus sebagai pantangan untuk boleh di makan dalam pembahasan tips anak sehat kali ini. Mudah-mudahan pembahasan kali ini bisa bermanfaat untuk semua.